Senin, 14 Maret 2011

Manusia Dan Cinta Kasih

Manusia Dan Cinta Kasih

Dibagi menjadi 3 macam :

A.  Agape : Cinta kepada tuhan.
contohnya seperti lirik lagunya wali yang berjudul " Ya Allah" sebagai berikut.

Ya Allah Ya Rabbi
Ya Allah Ya Rabbi
Ya Allah
Ya Allah jangan Kau coba aku
Melebihi batas mampu dan sanggupku
Ya Allah bila memang Kau coba
Aku percaya Kau sayang padaku
Ya Allah Ya Rabbi
Ya Allah Ya Rabbi
Ya Allah Ya Rabbi
Ya Allah
Ya Allah lindungilah diriku
Dari yang menjahati menzhalimiku
Ya Allah Kaulah Maha Segala
Engkaulah pelindung hidup dan matiku
Ya Allah Ya Rabbi
Ya Allah Ya Rabbi
Ya Allah Ya Rabbi
Ya Allah
Ya Allah Ya Rabbi
Ya Allah Ya Rabbi
Ya Allah Ya Rabbi
Ya Allah
Ya Allah jangan Kau coba aku
Melebihi batas mampu dan sanggupku

* maknanya kita  meminta perlindungan kepasa Allah SWT dalam berbagai hal yang menimpanya.
dan slalu menjalani ibadah.

B.  Philia : Cinta Orang Tua atau Sesama.
contohnya seperti puisi yang berjudul "Hormatilah Ayah Dan Ibumu" By : Monccoz09

Ayah Ibuku mengajarkan hanya tentang Kasih Sayang dan Bersikap
Sifatku mungkin adalah pembawaan Gen dari Ayah dan Ibuku
Sifatku bisa jadi adalah Sifat yg terPendam dari Ayah dan Ibuku
Ayah Ibuku sll mengingatkan untuk brbuat baik, ramah, sederhana, rendah hati, jujur, tulus ikhlas dan berani menerima knyataan seburuk apapun
Ayah Ibuku tak pernah mengharuskan Aku mnjadi se2org yg sukses atopun berlimpah materi
Ayah Ibuku hanya sekali berkata, “Berbuatlah dan Bekerjalah lebih dari Kami,demi masa depanmu dan jg keluargamu kelak”
Ayah Ibuku sll berbagi Cerita dgnku, krn itu mengapa Aku bisa sedekat ini dgn Ayah dan Ibuku
Tentang dunia Kerja, tentang Perasaan dan Hati, tentang kemajuan zaman, tentang Hidup Kehidupan, tentang Arti Seseorang, tentang pengalaman Hidup mereka dan tentang Kebebasan
Ayah Ibuku mungkin tak lbh baik dari Orang Tua sprti yg kalian miliki
Tapi mngapa Kalian sll mengeluh thdp Ayah dan Ibu yg kalian miliki??
Apa yg Ayah dan Ibu tanamkan dan Katakan tak prnh Satupun mjdkan suatu kegagalan bg Hidup Kita
Saat ini,mulailah Cintai dan Hormatilah mereka
Renungkan baik-baik,apa yg mnjdi pmbungkus tubuhmu,yg mengalir dlm tubuhmu,yg menetes dari kelopak matamu??
Semua itu…
Kita bukan terlahir begitu saja dan sekejap menjadi sukses
Mengertilah sedikit ttg kelebihan dan kekurangan Ayah dan Ibu yg kita miliki
Merekapun memiliki Batas…
Syukurilah apa yg Ayah dan Ibu berikan untuk Hidup Kita
Berterimakasihlah kpd Ayah dan Ibu yang sll mengingatkan Kita
Apa yang Kau bisa lakukan di saat Ayah dan Ibu kembali padaNya? di saat kita tergiur nikmat dunia? SIAP kah menrima smua itu dgn lapang dada dan membentangkan kedua tanganmu lebar-lebar sprti di saat mereka Ada??
Camkan itu, krn kitapun kelak akan mjd sperti mereka,memiliki keluarga dan membesarkan Anak Titipan dariNya
Selalu ucapkan dengan senyum bahwa kalian Bangga memiliki dan menyayangi mereka
Hanya itu yang mereka Pinta dari Anak-anaknya,kebanggaan yg paling diharapkan dari Hati Anak-anaknya

* maknanya cara bagaimana seorang Ayah Dan Ibu mengajarkan hal-hal yang baik kepada anak-anaknya.
dan mengajarkan bagaimana bersikap dengan baik itulah seorang ayah Ibu yang baik, mereka slalu mendidik anak-anaknya dengan baik, dan kita sebagai anak harus bisa menbuat Ayah Dan Ibu kita bangga kepada kita maka kita harus meraih kesuksesan demi kebahagiaan kedua Orang Tua kita.


C.  Eros/Amor : Cinta Antara Pria Dan Wanita.
contohnya seperti puisi yang berjudul "Cinta Ini Hanya Berakhir Dihatimu" By : Huda M Elmatsari

Pelangi berkilau di langit jauh
teduh mengambang menjalin untai gerimis
gradasi warna adalah selendang para bidadari
yang menarinari digelitik angin bukit
dan kamu, yang turun ke dalam jiwaku.
Sungguh indah rahasiamu
semburat merah di wajahmu. Cinta itu. Di senja itu
pohonpohon waru berebut menjadi bayanganmu
lalu melukisnya di dadaku. Untuk kudekap
agar cinta tak ke manamana dari hatimu.
Jangan lagi kaurisaukan
cinta ini hanya berakhir di hatimu
sungai yang mengalirkan kejernihan jiwa
melewati rimba waktu dan padang penuh bunga
aku, yang selalu hanyut bersamamu.

* maknanya seorang kesasih yang saling mencintai satu sama laen, yang bisa menerima kekurangan antara keduanya. mereka ingin slalu bersama tidak ada yang bisa memisahkan antara keduanya ini yang dinamakan Cinta Sejati hehhe..
   

Senin, 14 Februari 2011

BAGAIMANA SIKAP DAN TINDAKAN MENJAGA ATAU MELESTARIKAN KEBUDAYAAN


Bagaimana sikap dan tindakan atau menjaga atau melestarikan kebudayaan
Dalam menjaga dan mempertahankan  kebudayaan  Bangsa Indonesia  seluruh rakyat Indonesia harus memiliki peran, baik dari pemerintah maupun masyarakat sendiri.  Berikut ini sikap dan Tindakan yang harus dilakukan pemerintah dan masyarakat dalam menjaga kebudayaan Indonesia  agar  bangsa ini nyaman ;

1.     Peran dari pemerintah
,,,peran dari pemerintah ini pemerintah harus lebih bisa mempromosikan kebudayaan negeri ini supaya negeri lebih baik dan nyaman untuk bangsa bangsa lain dan terkenal bias jga dengan cara membuat pergelaran pergelaran kebudayaan Indonesia ,Menjalin kerja sama atau hubungan baik dengan negara lain di seluruh bidang, baik di bidang pariwisata, bidang politik, bidang pengetahuan dll. Pemerintah daerah  harus lebih mengembangkan dan memajukan  daerah – daerah terpencil  di seluruh bidang terutama di bidang ekonomi, pendidikan dan Teknologi agar tidak tertinggal oleh daerah/ kota besar lainnya yang ada di Indonesia. Menjalin kerja sama dengan Negara lain .

2.    Peran dari masyarakat
,,,melestarikan dan mengembangkan kebudayaan-kebudayaan Indonesia  bias jga dengan mencintai kebudayaan dan melindungi kebudayaan  supaya kebudayaan ini berkembang. Mempelajari dan mengenal berbagai macam kebudayaan yang ada di Indonesia agar timbul di dalam diri seseorang untuk menjaga kebudayaan Indonesia dari pengaruh kebudayaan luar yang negatif.  Bersama – sama pemerintah mengembangkan dan memajukan kebudayaan – kebudayaan di setiap daerah terutama di daerah – daerh terpencil yang masih kurang mendapat perhatian dari pemerintah ataupun masyarakat di kota – kota maju.

Jadi kebudayaan tidak harus dibidang seni saja tetapi juga bias dengan cara merawat dan melestarikan bangsa ini . maka dari sekarng kita harus bias menjaga dan melestarikannya dengan baik dan mengembangkannya .

Minggu, 13 Februari 2011

MENGULAS TIPE KEPRIBADIAN MASING-MASING


Mengulas tipe kepribadian masing - masing sesuai tipologi manusia
Menurut seorang pemikir Yunani kuno murid hipokrates yang bernama claudius galenus mengadakan tipelogi berdasarkan tempramen yaitu cairan - cairan yang terdapat dalam tubuh berikut tipe - tipe tersebut :

1. TIPE SANGUINIKUS
Tipe ini mempunyai ciri periang dan optimis tapi mempunyai keburukan yaitu sifatnya mendatar kurang konsekuen dan kurang teratur hidupnya .
,,,, tambahan dari saya sendiri tipe ini ada 2 jenis yaitu ada tipe negative dan positif apa yang simaksud dengan tipe tersebut.

2.TIPE MELANKOLIKUS
Tipe ini mempunyaiciri perasaanya selalu sedih mudah tersentuh sulit menyesuaikan diri dilingkungan.
,,,, tambahan tipe ini harus dihilangklan karena tidak baik untuk lingkungan itu sendiri.

3. TIPE KHOLERIKUS
Tipe ini menpunyai ciri perasaan mendasarnya selalu merasa kurang puas mudah emosional mau menang terus dan mudah tersinggung.
,,,, tambahan tipe ini tipe yang gampang sekali marah maka klau ngomong harus hati-hati dengan tipe ini.

4.TIPE FLEGMATIKUS
tipe ini mempunyai ciri selalu tenang,tidak emosional,tidak mudah panik,tertib dan teratur.
,,, tambahan tipe yang sangat baik dan sikapnya sopan.


Dari tipe-tipe yang diatas tipe yang sangat baik menurut saya adalah TIPE FLEGMATIKUS
Tipe ini tipe yang sudah cukup sempurna tipe yang sangat baik untuk patut dicontoh.

Jumat, 24 Desember 2010

membuat rangkuman bab 8 "pertentangan - pertentangan sosial dan integrasi masyarakat"


PERTENTANGAN PERTENTANGAN SOSIAL DAN INTEGRASI MASYARAKAT

  1. Perbedaan kepentingan

      kepentingan merupakan dasar dari timbulnya tingkah laku individu.
Individu bertingkah laku adanya dorongan untuk memenuhi kepentingannya, oleh    
karena individu mengandung arti bahwa tidak ada orang yang sam persis dalam
aspek aspek pribadinya, baik jasmani maupun rohani, maka dengan sendirinya
timbul perbedaan individu dalam hal kepentingan.
      Permasalan utama dalam tinjauan konfik ini adalah adanya jarak yang begitu
Besar antara harapan dengan kenyataan pelaksanaannya dan hasilnya dan
Kenyataan itu disebabkan oleh sudut pandang yang berbeda.

  1. Prasangka, diskriminasi, dan ethnosentrisme

    a.  prasangka dan diskriminasi
       prasangka dan diskriminasi adalah dua hal yang ada relevansinya.
     Perbedaan pokok keduanya adalah bahwa prasangka menunjukan pada     aspek sikap sedangkan diskriminasi pada tindakan.
              b.   perbadaan prasangka dan diskriminasi
          tidak sediit orang yang mudah nerprasangka, namun banyak jaga orang
      yang sukar untuk breprasangka. Namun blun jelas bener ciri-ciri
                        kepribadian mana yang membuat orang mudah berprasangka. Antara
                        keduanya dapat dibedakan dengan jelas, prasangka bersumber dari suatu
                        sikap, diskriminasi menunjukan kepada tindakan.
c.       sebab sebab timbulnya prasangka dan diskriminasi
1. latar belakang sejarah
                        contoh ; orang kulit putih amerika serikat berprasangka negatif
                             terhadap orang negro.
                        2.  dilatar belakangi oleh perkembangan sosio-kultiral dan situasional
                              Suatu prasangka muncul dan berkembang dari individu terhadap
                              Individu lain terhadap kelompok sosial tertentu manakal penurunan
                              Status.
                 3.    bersumber dari factor kepribadian
                       Para ahli beranggap bahwa prasangka lebih dominan disebabkan
                        Oleh tipe kepribadian orang orang tertentu.
                 4.    perbedaan kenyakinan, kepercayaan, dan agama
                              Bisa ditambah lagi dengan perbedaan pandangan politik, ekonomi, dan
                              Ideologi. Prasangka yang berakar dari hal ini dapat dikatakan sebagai
                              Suatu prasangka yang bersifat universal.
d.      Ethanosetrisme
Yaitu anggapan suatu bangsa atau ras yang cenderung menganggap kebudayaan mereka sebagai suatu yang prima, rill, logis, sesuai dengan kodrat alam dan beranggapan bahwa bangsa atau ras lain kurang baik dimata mereka.
  1. Pertentangan pertentangan sosial atau keterangan dalam masyarakat
Konflik mengandung pengertian tingkah laku yang lebih luas saripada yang biasa dibayangkan orang dengan mengartikannya sebagai pertentangan yang kasar atau perang. Dalam hal ini terdapat 3 elemen dasar yang merupakan cirri dari situasi konflik yaitu :
a.       terdapat  dua atau lebih unit-unit atau bagian yang terlibat dalam konflik.
b.      Unit-unit tersebut mempunyai perbedaan-perbedaan yang tajam dalam kebutuhan.
c.       Terdapat interaksi diantara bagian-bagian yang mempunyai perbedaan tersebut.

   4.   Golongan – golongan yang berbeda dan integrasi sosial
          a.  masyarakat majemuk dan nation indonesia
               masyarakat Indonesia digolongan sebagai masyarakat majemuk yang terdiri dari
               berbagai suku bangsa dan golongan sosial yang dipersatukan oleh kekuatan
               nasional yang berwujud Negara Indonesia. Meliputi :
1.      suku bangsa dan kebudayaan
2.      agama
3.      bahasa
4.      nasion Indonesia
b.      integrasi
masalah besar yang dihadapi Indonesia setelah merdeka adalah integrasi diantara masyarakat yang majemuk. Integrasi bukan peleburan tetapi keserasian persatuan .
c.       integrasi sosial
integrasi sosial  dapat diartikan adanya kerja sama dari seluruh anggota masyarakat mulai dari individu, berkeluarga, lembaga masyarakat secara keseluruhan.
Bahwa bangsa Indonesia pada hakekatnya satu, corak ragam budaya bangsa seluruhnya, sehingga menjadi modal dasar bagi terwujudnya integrasi sosial – integrasi nasional.
d.      integrasi nasional
merupakan masalah yang dialami semua Negara atau nation didunia, yang berbeda adalah bentuk permasalahan yang dihadapinya.
Menghadapi masalah integrasi sebenarnya tidak memiliki kunci yang pasti karena masalah yang dihadapi  berbada dan latar belakang sosio-kultural nation state  berbeda pula, sehingga integrasi diselesaikan sesuai dengan kondisi  Negara yang bersangkutan, dapat dengan jalan kekerasan atau stategi poliytik yang lebih lunak.

hubungan timbal balik antara desa dan kota

HUBUNGAN TIMBAL BALIK ANTARA DESA DAN KOTA


mungkin kalian sudah memahami antara kehidupan didesa dan dikota pasti banyak banget berbedaan antara keduanya. sering kita lihat kehidupan didesa kurang memahami tidak seperti kehidupan dikota .
kita sebagai orang muslim sebaiknya tidak boleh membedakan bedaan antara keduanya.

Interaksi wilayah (Spatial Interaction) adalah hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi antara dua wilayah atau lebih, yang dapat melahirkan gejala, kenampakkan dan permasalahan baru, secara langsung maupun tidak langsung, sebagai contoh antara kota dan desa.
Faktor Interaksi Desa – Kota
Menurut kalian adakah faktor yang mempengaruhi sehingga terjadi interaksi keruangan antara
desa – kota? Jawabannya adalah ada dan faktor tersebut dikemukakan oleh Edward Ulman yang terdiri dari faktor - faktor, yaitu :
  1. Adanya wilayah – wilayah yang saling melengkapi (regional complementarity) artinya, terdapat kebutuhan timbal balik antar wilayah sebagai akibat adanya perbedaan potensi yang dimiliki oleh tiap wilayah.
  2. Adanya kesempatan untuk berintervensi (intervening opportunity) artinya, kedua wilayah memiliki kesempatan melakukan hubungan timbal balik serta tidak ada pihak ketiga yang membatasi kesempatan itu. Adanya campur tangan /intervensi pihak ketiga (wilayah ketiga) dapat menjadi penghambat atau melemahkan interaksi antara dua wilayah
  3. Adanya kemudahan transfer/ pemindahan dalam ruang (spacial transfer ability) artinya kemudahan transfer atau pemindahan dalam ruang baik manusia, informasi ataupun barang sangat bergantung dengan faktor jarak, biaya angkasa (transportasi) dan kelancaran prasarana transportasi. Jadi semakin mudah transferbilitas, maka akan semakin besar arus komoditas.


Aspek Interaksi Desa – Kota
Di antara kalian ada yang bisa menyebutkan aspek–aspek interaksi desa – kota? Dalam interaksi desa – kota terdapat beberapa aspek penting yang timbul akibat interaksi tersebut. Aspek interaksi desa – kota adalah sebagai berikut:
  1. Aspek Ekonomi, meliputi :
    • Melancarkan hubungan antara desa dengan kota
    • Meningkatkan pendapatan penduduk
    • Menimbulkan kawasan perdagangan
    • Menimbulkan perubahan orientasi ekonomi penduduk desa
  2. Aspek Sosial, meliputi :
    • Terjadinya mobilitas penduduk desa dan kota
    • Terjadinya saling ketergantungan antara desa dengan kota
    • Meningkatnya wawasan warga desa akibat terjalinnya pengaruh hubungan antara warga desa dengan warga kota
  3. Aspek Budaya meliputi :
    • meningkatnya pendidikan di desa yang ditandai dengan meningkatnya jumlah sekolah dan siswanya yang bersekolah
    • Terjadinya perubahan tingkah laku masyarakat desa yang mendapatkan pengaruh dari masyarakat kota
Manfaat Interaksi Desa – Kota
Menurut pemikiran kalian adakah manfaat dengan adanya interaksi desa – kota? Dengan adanya interaksi desa – kota dapat memberikan beberapa manfaat bagi desa maupun bagi kota, diantaranya :
  1. meningkatnya hubungan sosial ekonomi antara penduduk desa dan kota
  2. pengetahuan penduduk desa meningkat
  3. dapat menumbuhkan arti pentingnya pendidikan bagi penduduk desa
  4. dapat menumbuhkan heterogenitas mata pencarian penduduk desa
  5. terjadinya peningkatan pendapatan
  6. terpenuhinya berbagai kebutuhan penduduk baik di perkotaan maupun pedesaan


Tabel Dampak Interaksi Desa - Kota
No
Dampak wilayah
Positif
Negatif
1
Desa
  • Meningkatnya Cakrawala pengetahuan penduduk desa
  • Terjadinya penetrasi kebudayaan dari kota ke desa yang tidak sesuai dengan tradisi masyarakat pedesaan.


  • Masuknya teknologi tepat guna ke desa meningkatkan produksi lahan dan berdampak meningkatnya pendapatan masyarakat
  • Terjadinya perubahan tata guna lahan yang dapat menimbulkan kerusakkan lingkungan


  • Terjadi perubahan tata guna lahan yang menguntungkan
  • Terjadinya kekurangan tenaga potensial di desa karena banyak yang berurbanisasi


  • Terjadi perkembangan sarana – prasarana transportasi penghubung desa dengan kota, sehingga desa tidak lagi terisolir
  • Kemungkinan banyaknya orang yang kembali ke desa akan menyebabkan semakin padatnya desa


  • Terbentuknya lapangan kerja alternatif di luar sektor pertanian



  • Masuknya barang – barang produksi industri yang terjadi tidak ada





2
Kota
  • Kemajuan bidang transportasi yang menghubungkan desa dengan kota
  • Munculnya daerah-daerah kumuh (slums area) akibat dari makin banyaknya pendatang.


  • Menyebabkan terpenuhinya kebutuhan bahan baku bagi proses produksi dan tenaga kerja
  • Tata ruang kota menjadi tidak ideal sebagai tata ruang kota yang dinamis


  • Tersalurnya hasil–hasil produksi di wilayah pedesaan
  • Masuknya orang dari berbagai daerah dan budaya, sangat potensial bagi munculnya konflik antar etnis


  • Masuknya penduduk dari berbagai daerah dan budaya melahirkan proses akulturasi antara berbagai kebudayaan tersebut.



  • Memungkinkan terjadinya pernikahan antar suku, yang akan meningkatkan rasa sebangsa dan setanah air.


aspek - aspek positif dan negatif pelapisan sosial


Aspek - aspek positive dan negative pelapisan sosial 

Menurut saya dari aspek aspek positif dan negatif dari pelapisan sosial ini diperlukan didalam masyarakat luas. Maka diperlukan adanya perbedaan antara semua dalam berkelompok.

Pelapisan sosial atau stratifikasi sosial (social stratification) adalah pembedaan atau pengelompokan para anggota masyarakat secara vertikal (bertingkat).

Definisi sistematik antara lain dikemukakan oleh Pitirim A. Sorokin bahwa pelapisan sosial merupakan pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat (hierarkis). Perwujudannya adalah adanya lapisan-lapisan di dalam masyarakat, ada lapisan yang tinggi dan ada lapisan-lapisan di bawahnya. Setiap lapisan tersebut disebut strata sosial. P.J. Bouman menggunakan istilah tingkatan atau dalam bahasa belanda disebut stand, yaitu golongan manusia yang ditandai dengan suatu cara hidup dalam kesadaran akan beberapa hak istimewa tertentu dan menurut gengsi kemasyarakatan. Istilah stand juga dipakai oleh Max Weber.

Dasar-dasar pembentukan pelapisan social
Ukuran kekayaan

Kekayaan (materi atau kebendaan) dapat dijadikan ukuran penempatan anggota masyarakat ke dalam lapisan-lapisan sosial yang ada, barang siapa memiliki kekayaan paling banyak mana ia akan termasuk lapisan teratas dalam sistem pelapisan sosial, demikian pula sebaliknya, barang siapa tidak mempunyai kekayaan akan digolongkan ke dalam lapisan yang rendah. Kekayaan tersebut dapat dilihat antara lain pada bentuk tempat tinggal, benda-benda tersier yang dimilikinya, cara berpakaiannya, maupun kebiasaannya dalam berbelanja.
Ukuran kekuasaan dan wewenang .

Sistem plapisan sosial yang terjadi dalam masyarakat sangatlah mungkin terjadi, karena adanya tingkatan kesenjangan-kesenjangan yang didasari dari beberapa hal misalnya dari segi Ekonomi, ini akan menimbulkan stratifikasi sosial yang sangat mencolok. Masyarakat dan lingkungan sosialnya menjadi element yang tak dapat terpisahkan sehingga akan menimbulkan efek-efek tertentu sesuai dengan pola fikir dan lingkungan masyarakt sosial itu sendiri.
Beberapa aspek yang akan timbul akan menimbulkan kesenjangan sosial dan diskriminasi, aspek negative ini bisa saja terjadi pada daerah-daerah pedesaan, pasalnya pedesaan yang umumnya petani akan senantiasa lebih dikuasai oleh tengkulak-tengkulak yang memainkan harga pasar yang cenderung seringkali merugikan para petani, contohnya para petani daun bakau untuk pembuatan rokok, harga bakau harus ditentukan oleh tengkulak yang sudah bekerja sama dengan produsen rokok yang telah memilik nama. Tingkatan ekonomi lah yang membuat stratifikasi sosial ini muncul, belum lagi karena jabatan dan tingkat pendidikan.
Aspek lain dari pelapisan sosial ini bisa saja menjadi hal yang menguntugkan bagi sebagian orang, aspek positif ini dapat kita jumpai di berbagai tempat contohnya jika kita seorang pejabat pemerintah kita mungkin akan sedikit lebih mudah dalam urusan birokrasi, karena adanya bantuan orang dalam yang memiliki jabatan. Plapisan sosial di pedesaan mungkin akan menimbulkan hal baik bagi para pencari modal apabila seseorang yang memilik tingkat ekonomi menengah ke atas berpendidikan tinggi juga mempunyai jabatan dapat bekerja sama dengan masyarakat ke bawah untuk saling membantu dengan mendirikan koperasi kecil-kecilan dengan modal yang sudah di danai oleh orang yang mempunyai pengaruh kuat di daerah itu.
Plapisan sosial pastilah terjadi dimanapun kita berada, namun tergantung dari bagaimana kita menyikapi dan menjaganya agar tidak adanya  kecemburuan, kesenjangan, dan diskriminasi sosial pada masyarakat dalam tingkatan apapun, entah menengah ke atas atau ke bawah, semua manusia dengan derajat yang sama, yang membedakan tinggi rendah hanyalah akhlak yang mulia. Jika kita beruntung menjadi seorang yang tinggi di mata sosial, maka jangan menyalahgunakan kedudukan tinggi tersebut, dan jika kita berada dalam tingkatan rendah, maka berusahalah agar hidup kita menjadi bermakna bagi orang lain meski kita hanya orang biasa yang selalu tertindas.